Gaya Melatih Mourinho Menuai Kritikan Tajam

by bolakita | Posted under Berita Bola.

Gaya Melatih Mourinho Menuai Kritikan Tajam – Memang selain dikenal sebagai pelatih yang memiliki prestasi, Jose Mourinho juga terkenal dengan kontroversinya. Oleh karena itu, gayanya pada saat melatih klub juga mendapatkan sorotan yang tajam. Memang Mourinho selalu berhasil membawa klub asuhannya yang mengakhiri musim dengan raihan trofi. Sebagai contoh Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Sedangkan untuk klub yang terakhir, pelatih asal Portugal itu berhasil membawa El Real mengakhiri dominasi Barcelona dalam talam tiga musim sebelumnya dengan menjuarai La Liga 2011-2012.

Namun ada beberapa kontroversi yang sering ditorehkannya pada saat mengiringi perjalanan Mourinho saat menangani klub. Sebagai contoh sang pelatih yang berusia 49 tahun itu sering terlibat perang urat syaraf dengan pelatih klub rival. Selain itu ia juga pernah melakukan aksi colok mata pada Tito Vilanova di ajang Piala Super Spanyol, 17 Agustus 2011 silam. Namun atas perbuatannya, Mourinho akhirnya menyatakan permintaan maafnya.

Sang legenda Barca, Johan Cruyff, melontarkan kritikan tajam atas sikap dari Mourinho. Cruyff yang sukses saat menjadi pemain dan pelatih Los Cules itu, menyebutkan bahwa Mourinho saat ini sedang menanggung akibat dari perilaku negatifnya.

Selain itu Cryuff juga menyatakan bahwa dirinya tak terkejut dengan kiprah Madrid yang bermain tak konsisten di La Liga musim ini. Alasannya, karena kebijakan klub yang lebih memilih mendatangan mahal dibandingkan dengan memgembangkan akademi pemain.

Bahkan sang mantan pelatih yang pernah menangani Ajax Amsterdam itu mengatakan bahwa “Saya tidak terkejut dengan apa yang terjadi di Madrid. Hal ini selalu terjadi jika filosofi Anda adalah mendatangkan pemain dan berjudi dengan pembelian mahal. Pemain hasil didikan akademi memiliki lebih dari kontrak dengan klub. Mereka menempatkan klub di hati. Transfer bisa mendatangkan pemain bagus, tapi tidak untuk waktu yang lama. Klub butuh akademi pemain muda,” imbuhnya.

Comments are closed.